Lebih asik dengan Musik

Oleh : Nurfalah Hidayat

Judul Novel : Menuju LangitMu
Penulis : Aji Musadiq
Penerbit : Ufuk Publishing House
Tahun : 2008
Jumlah halaman : 252

Terasa takjub dan begitu menyentuh hati membuat pembaca dapat mengekspresikan dirinya dengan dimensi cerita yang dibawakan seakan alunan musik mengiringi jalannya cerita. Tokoh-tokohnya dipaparkan begitu hidup dengan latar sebuah kota kecil. Novel yang diangkat dari kisah nyata tersebut menceritakan perjalanan hidup seorang pemuda yang sedang menempuh kuliah. Cerita tersebut berlandaskan pencarian cinta sejati. Gaya bahasa yang disajikan penulis terasa mengalir dengan pergaulan gaya hidup zaman sekarang karena ungkapan kata-katanya cocok untuk anak muda. Selain itu, jika dibandingkan dengan novel-novel sejenisnya, terasa unik dan berbeda. Dalam setiap cerita yang berkaitan dengan pesan singkat akan nampak tampilan ilustrasi layaknya layar hendphone. Beberapa bab diberi ilustrasi yang menghubungkan cerita. Terasa berbeda jika pembaca menjelajahi ceritanya.
Hidup seorang diri jauh dari keluarga merupakan perjalanan Odan, pemuda metropolitan yang menempuh kuliah di universitas FISIP Unpad Bandung. Aktipitas sehari-harinya selain kuliah berkumpul dengan teman-teman band-nya. Kemenarikan dari kelompok Odan CS, gaul ala remaja sekarang yang banyak terpengaruh teknologi terkini. Odan adalah jomboan sejati yang suatu hari ia menemukan bidadari yang belum pernah ia temui. Wanita itu namanya Keysa, teman kuliahnya Ade, tetangga kosanya Odan. Sejak pertama kali bertemu, Odan dan Keysa mulai akrab dan asmara yang terpendam dalam hati Odan meminta Ade menyomblanginya dengan Keysa. Satu bulan telah berlalu, pedekate Odan terus berjalan, ia belum bisa mengatakan kata-kata yang ditunggu, i love you. Karena keterlambatannya itu Odan mendapat kekecewaan dari Keysa yang ternyata dia berpaling pada pemuda lain yang bernama Genta. Odan benar-benar syok, seakan setengah nyawanya telah mati. Di saat jadwal kuliahnya kosong, Odan selalu merasakan bete. Kebetulan pada waktu itu ia dipanggil untuk pulang oleh keluarganya. Odan mendapatkan kabar bahwa Zahra sahabat sejak kecilnya sedang sakit.
Penulis benar-benar membawa pembaca ke jalan cerita yang mengalir. Setiap bab-nya dipaparkan dengan tanpa ada jeda yang menggolongkan bab cerita. Rangkaian cerita tersebut beralurkan campuran dengan anding yang berisikan penyesalan. Keunikan dari buku tersebut, ilustrasi yang mendeskrifsikan jalan cerita dan alunan beberapa hit top musik indonesia mengalir menyertai cerita. Terasa menjiwai cerita saat musik itu berlaga. Musik terasa menyatu apabila pembaca tahu dan hapal akan lagu-lagu yang diterapkannya. Garis besar cerita tersebut sangat menarik dan cocok buat kalangan remaja. Tetapi ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi kekurangan buku tersebut. Yaitu tidak akan terasa menjiwai jika pembaca tidak tahu dan tidak hapal dengan lagu-lagu yang ada di dalamnya. Satu tip buat pembaca yang ingin merasakan kejiwaan dari novel itu dengan menyiapkan mp3 lagu-lagu pop indonesia.
Dalam ceritanya penulis merangkaikan sebuah pesan yang dibalut dengan cerita pencarian cinta sejati yang mana cinta itu tidak akan pergi jauh. Cinta itu ada disamping hidupnya seorang tokoh. Cinta yang mengalir dan tulus. Cinta yang telah ditentukan oleh Maha Kuasa.

Posted on November 4, 2009, in RAY VICTORY and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: