Melewati Batas Wilayah

Sebaris suara tanpa titik bergeming di telinga. Mata lampu menatap tak berkedip berkali-kali ruangan bergetar, bergoyang ke kiri dan ke kanan mengikuti alunan besi panjang. Ku tatap jendela menerobos malam. Gelap menyelimuti dan anehnya kenapa rumah ini berada di tengah hutan.

Aku duduk tanpa aku kenal siapa orang di sampingku yang sedang membaca buku santai tanpa keluh kesah seolah tak ada masalah. Sesekali suara orang menawarkan makanan atau penumpang yang lalu lalang. Ah aku harap ini cuma mimpi ada di tempat yang tidak pernah aku pikirkan sebelumnya.

Aku tepuk pipiku berkali-kali. Astagfirullah alazim!! Ini nyata aduh beneran ini nyata!? Aku ada dimana? Aku tanya pada orang yang duduk disampingku. “Pak ini lagi dimana?” Dia tidak menjawab, malah tidur pulas. Aku tanya pada seseorang pedagang yang melintas. Pak ini dimana?

“Di kereta.”

“Kenapa saya ada di kereta? Emang ini mau kemana?”

“Ke surabaya.”

“Surabaya? Ngapain pa?”

“Lho kok tanyanya gitu. Kamu ada di kereta mau kemana, malah tanya balik saya?” Aku jadi bingung.

“Coba periksa tiketnya.”

Tiket? Aku segera membuka ransel dan mencari selembar yang disebut tiket.

“Ini pak!” Aku memberikan tiket itu.

“Liat nih nama kamu kan? Kamu sedang ada di kereta Mutiara Selatan perjalannan Bandung -Surabaya. Urusan anda mau ke sana saya gak tahu.”

“Surabaya, ah becanda bapak in?”

“Kamu yang gila kali!”

“Iya ya aku yang gila ngapain mau ke Surabaya buang-buang uang, menghasilkan uang saja belum bisa.”

Aduh baru inget hari senin kan UAS statistik, banyak tugas lagi. Ah kenapa sih sekarang ada di sini. Ya Allah apa ini emang bagian dari hidup. Kenapa aku harus ke ujung jawa?. Ya Allah semoga ini bukan mimpi kuharap ini benar-benar nyata.”

 

Mutiara selatan, 16 Desember 2011

Posted on April 11, 2012, in Catatan Kuliah, RAY VICTORY and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

