Hak dan Kewajiban Cinta

 Oleh : Ray Victory

Cinta, apahakah itu? Makhluk seperti apa? Siapa yang menciptakan cinta?

 

Berjuta perasaan bergelut di pikiran setiap orang tentang cinta. Orang menyebutnya cinta tapi terkadang mereka ditanya makna cinta itu apa? Jawaban mereka pasti akan berbeda-beda karena pada hahikatnya makna cinta itu tidak pasti, tergantung bagaimana dan darimana mereka menjelaskan sudut pandang cinta. Cinta bagaikan kita meminum air susu, rasanya manis, coba definisikan manis itu seperti apa. Pasti bingung kan kalau diungkapkan dengan kata-kata. Nah cinta juga sama seperti itu, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata tapi bisa dirasa. Ketika orang sedang merasakan jatuh cinta dia akan memaknai cinta bagai sebuah surga sedangkan bagi yang tersakiti karena cinta, cinta tak jauh beda dengan tempat yang membuat diri sengsara.

Cinta adalah sebuah perasaan manusia yang diberikan oleh Tuhan sebagai simbol kasih sayang, agar hidup manusia saling mengayomi. Banyak orang yang tidak bisa membagi cinta sehingga ada yang over cinta (kasih sayang berlebihan) dan under cinta (kurang kasih sayang). Misalnya seseorang punya rasa cinta pada wanita/pria pujaannya karena saking cintanya, dia menomor satukan kekasihnya sedangkan cinta bagi orang tua dan Tuhannya sering diabaikan. Jadi dimanakah cinta yang sesungguhnya kita letakan. Cinta merupakan kasih sayang yang timbul dari hati nurani terdalam yang tak bisa diukur kedalamannya.

Mencintai adalah kewajiban manusia dan dicintai adalah hak manusia. Pernahkah anda pendengar teman anda bertanya, lebih baik dicintai atau mencintai? Keduanya tidak ada yang lebih baik, ukurannya sama-sama saling membutuhkan dan tidak bisa dipisahkan. Namun terkadang orang memandang sebelah mata dan jalan hidup terasa berbeda dengan makna sebenarnya. Bukan salah cinta ketika kita mencintai tapi tak dicintai, bukan salah cinta juga jika kita dicintai namun tak mencintai. Dan terkadang kita egois ingin dicintai tapi tak mau mencintai.

Visi cinta yaitu menemukan kedamaian. Ketika kita saling mencintai dan dicintai maka keindahaan dan kesejahtraan akan tercipta. Itulah misi cinta yang harus kita jalani dan makna cinta yang harus kita syukuri. Cintai apa yang harus kamu cintai karena mencintai adalah kewajiban dan dicintai adalah haknya.

Bandung, 27 April 2012

Copyright © Ray Victory

Posted on May 22, 2012, in Artikel and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: